06
Oct
12

CARA MENDAFTAR HAJI

Image

Sekedar berbagi info bagi yang akan menuju Baitullah,

Karena kebetulan kami insya Allah telah mendaftar untuk haji reguler, berikut langkah dan detailnya persyaratannya.

  1. pertama-tama kita membuka rekening khusus haji di bank, yang sudah aku survey adalah BSM, BNI, Muamalat, dan Bank Mandiri. Dengan berbagai masukan dari sahabat, dan rekan2 kerja di kantor, kami memutuskan untuk membuka account di bank mandiri saja (lebih karena lokasi banknya dekat).
  2. Sampai di Bank  bilang ke satpan mau daftar Haji, nanti akan diarahkan pak satpam harus ambil antrian di bagian  antrian di CS (Customer Service).
  3. Saat giliran di CS tiba, maka bilang mau daftar haji, nanti oleh CS akan dijelaskan untuk tabungan haji maka minimal harus buka dengan nominal Rp. 500.000,- dan kalau mau mendapat nomor antrian, harus menyetor Rp. 25.000.000,- (Tahun 2012). Jadi totalnya Rp. 25.500.000, Jadi jika anda ingin segera masuk daftar antrian, maka minimal uang yang harus anda setor adalah Rp. 25.500.000,-
  4. setelah kita membayar sebesar uang muka haji tersebut, kita  akan diberikan surat  keterangan dan Buku Rekening Tabungan Haji. Setelah selesai dibank ini, maka anda harus pergi ke kantor Departemen Agama sesuai domisili.
  5. Di Depag kita akan diminta untuk mengisi form Surat Perdaftaran Pergi Haji (SPPH) dengan melampirkan copy KTP dan buku setoran tabungan. Masing2 kita yg mendaftar harus datang sendiri ke depag karena kita akan difoto dan dipindai finger printnya. untuk foto ini prinsipnya bisa dimana saja, tetapi di depag juga menyediakan, dan tadi biayanya per orang kisaran Rp. 70.000,- memang format fotonya lain, yaitu benar-benar close-up, bukan foto setengah badan, jadi dominan kelihatan secara jelas bentuk wajahnya. Jika foto diluar depag kemungkinan salah bisa terjadi, sehingga foto akan ditolak. Disana kita sekaligus menunggu SPPH selesai.
  6. Setelah SPPH selesai, sebaiknya kita bergegas kembali ke bank tempat kita menyetorkan uang tadi dengan membawa SPPH dan cetak foto yang diberikan oleh Depag, untuk mendapatkan Bukti Pembayaran Ibadah Haji (BPIH). Di sini bank akan memberikan bukti transfer dana 25 juta kita tadi ke rekening depag.
  7. Setelah mendapat BPIH, kita kembali ke Depag untuk mengambil sisa 30 lembar cetak foto 3 hari kemudian. dan Nomor Porsi untuk mengetahui perkiraan tahun keberangkatan haji dan Nomor Porsi untuk mengetahui perkiraan tahun keberangkatan haji.
  8. Untuk yang mendaftar pada bulan april 2012 perkiraan berangkatnya adalah pada tahun 2019.

Selesai

Demikian, semoga bermanfaat


2 Responses to “CARA MENDAFTAR HAJI”


  1. 1 Noer Chasanah
    January 21, 2014 at 10:45 am

    Terimakasih infonya sangat bermanfaat

  2. 2 wawan
    March 7, 2014 at 4:44 pm

    informasinya sangat bermanfaat,
    6.Setelah SPPH selesai, sebaiknya kita bergegas kembali ke bank tempat kita menyetorkan uang tadi dengan membawa SPPH dan cetak foto yang diberikan oleh Depag, untuk mendapatkan Bukti Pembayaran Ibadah Haji (BPIH). Di sini bank akan memberikan bukti transfer dana 25 juta kita tadi ke rekening depag.

    Bank memberikan bukti transfer dana itu setelah dari depag ya?kalau diminta didepan sekalian bisa tidak.


Leave a comment


October 2012
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Recent Comments

Blog Stats

  • 219,788 hits