13
Oct
08

Kembang Turi

yang dari jawa timur….. atau yang suka nasi pecel jawa timur (pecel madiun, pecel blitar dll, asal bukan pecel lele aja) umumnya tahu kembang turi…

Waktu aku kecil, sarapan favorit yang disediakan ibuku adalah nasi goreng atau nasi pecel. entah kenapa ibuku selalu menyediakan salah satu dari kedua menu tersebut setiap pagi. Mungkin karena gampang penyajiannya atau karena murah dan bahannya selalu tersedia disekitar rumah.

nah, kalo dah bikin pecel, maka kembang turi menjadi sayur wajib yang diolah.  “rasanya kaya perang baratayudha gak ada arjunanya kalo pecel tanpa kembang turi” begitu ujar ibuku kalo ada yang komplain masalah kembang turi.

bagi kami anak-anaknya kemudian menjadi terbiasa kalo gak boleh dibilang ketagihan hingga sampe bertahun-tahun menghantar hari-hariku bersama ibuku tersayang.

awal tahun 90 an saya mulai mengadu nasib di sekitar ibu kota. selamat tinggal kampung halaman, selamat tinggal keluargaku dan selamat tinggal pecel turi kesukaanku. bertahun-tahun kemudian aku sama sekali gak tersentuh kembang turi. mungkin karena aku lebih suka praktis pake mi instan. dan memang yang namanya kembang turi gak kutemukan di tempat tinggalku. Bahkan beberapa tahun kemudian ketika aku pulang kampung aku gak melihat lagi pohon turi disekeliling rumah orang tuaku. seolah pergi mengikuti ibuku yang telah mendahului aku menhadap ke pelukan illahi robbi.

tahun 2007 aku memperoleh bibit turi varietas baru yang berbunga lebih banyak. awalnya kutanam untuk mengobati rinduku akan pecel turi… namun secara tak sengaja sekarang malah mendatangkan peluang bisnis bagi anakku Era.  Alhamdulillah, dari sekedar nostalgia kini aku punya kesibukan baru… petik turi setiap pagi dan delivery ke restoran. kata yang jualan pecel, kembangturi itu bisa untuk menambah “stamina” lho.

Sekarang pohon turi kutanam mengelilingi rumahku, semoga rezeki ini membawa berkah bagi keluargaku….


83 Responses to “Kembang Turi”


  1. 1 magetan
    October 13, 2008 at 3:44 pm

    eh, ada yang suka kembag turi juga tho… bisa minta bibitnya gak cak, aku yo wis suwe gak mangan turi

  2. 2 Dona
    October 14, 2008 at 11:05 am

    salam kenal mas, aku dari gorang-gareng, ditempatku juga bunga turi dah gak ada lagi. ada yang nanam di pinggir jalan ke arah sarangan tapi kok tak lihat bunganya dikit ya, warnanya ungu. apakah yang warna ungu bisa dimakan?

    thanks
    Dona, sma 1 mgt

  3. 3 cakham
    October 14, 2008 at 11:13 am

    salam kenal juga
    untuk yang dari magetan dan dari gorang-gareng, bibit bisa asal mau ambil aja di rumah saya, yang warna ungu biasanya untuk obat, gak tau obat sakit apa. tapi kata tetanggaku kembang turi bsa untuk menambah stamina, dan meningkatkan gairah ….

  4. December 12, 2008 at 9:36 am

    makasih kunjungannya mas hamdani,
    wah, dari lembeyan ya? saya dari magetan kauman..

    klo mau biji biji anthurium nya, bisa kok dikirim gratis, tapi alamatnya dikirim ke email saya ya mas,

    mylifepic.blogspot.com

  5. 5 melany "chankirani"
    December 28, 2008 at 3:29 pm

    Assalaamu’alaikum…

    Bapak, kalo saya mw bibit tanaman kembang turi, bisa beli di Bapak?
    Bagaimana cara pembeliannya?

    Terimakasih.

  6. 6 cakham
    December 30, 2008 at 8:48 am

    terima kasih mbak melany telah mengunjungi blog saya, mbak lokasi dimana yah? kalo di sekitar serpong bisa langsung aja ke rumah. di Komplek batan Indah F-88 serpong tangerang. Gak usah beli tak kasih aja, tapi karena ini untuk bisnis anak saya maka ada syarat2 yang harus disepakati…. he he…

  7. 7 masyudi
    January 23, 2009 at 1:53 pm

    cakham…,
    di banjarmasin aku nyari2 kembang turi,,, ngak ada
    ada info nggak di mana ada…

    matur suwun

    • 8 cakham
      January 27, 2009 at 12:14 pm

      untuk mas masyudi di banjarmasin, silahkan kirim alamat lengkapnya saja, nanti tak kirimin benihnya kalo brminat. yang ini jenis genjah gampang berbunga dan bunganya lebih banyak, cuma pada waktu masih kecil banyak ulatnya, jadi harus rajin2 nyemprot, kalo dah besar ulat akan hilang sendiri

  8. 9 masyudi
    March 6, 2009 at 11:07 pm

    terima kasih banyak buat cak ham
    kiriman bibit kembang turi sudah saya terima.

    hari itu juga langsung tak tanam di pot.kl udah rada besar baru di pindah ke tanah.

    terima kasih
    masyudi
    banjarmasin

  9. 10 ibu teti
    March 23, 2009 at 8:13 am

    Pak Moh.Hamdani ….sy berminat membeli bibit kembang turi dan sy harus menontak kemana sy ingin tanam dihalaman rumah tks ( ibu teti jl.prindustrian no.2 kalimalang jkt.timur tep.86607776)

    • 11 cakham
      March 27, 2009 at 9:13 am

      terima kasih bu Teti…. kalimalang. tunggu saja bu nanti saya kirimkan bibitnya, emang eanak banget lho bu sarapan pecel turi esuk-esuk. nanti kalo dah berbunga dan dah dimasak, kalo makan inget saya ya bu… he he he (bercanda aja bu)

  10. 12 tasa
    March 23, 2009 at 12:52 pm

    mas cak ham, aq jga agy nyari tnaman kmbang turi ney.
    klu mau, brpa y mas kra” hrga bbitny?
    thx sblumny..

  11. 14 ibu teti
    April 5, 2009 at 3:12 pm

    trima kasih sebelumnya soalnya sy doyan banget sm kembang turi kalo ke yogya pasti tak cari pecel jg pakai kem.turi wah sedaeeep tak tunggu bibitnya.

  12. 15 erry
    April 15, 2009 at 7:30 am

    bisa ndak aku nyuwon bibit kembang turi.. klo boleh aku minta alamat.. aku dari bogor ..asuwun ngeh..

    • 16 cakham
      April 15, 2009 at 3:14 pm

      boleh mas, alamatnya komplek Batan Indah Blok F-88 Serpong Tangerang, kalo dari bogor lewat parung setelah puspiptek serpong

  13. 17 Sriyanto
    May 12, 2009 at 3:54 pm

    Selamat Siang CAKHAM, saya tertarik masalah bibit Turi, saya ingin budidaya Turi yang ungu, Bisa Kirim ke
    Sriyanto – PT. Jamu Air Mancur – Jl. Raya Solo – Sragen Km. 7 Palur – Karanganyar 57102

    Biar gampang nyampainya sebab alamat rumahku di wonogiri, agak kampung.

    Mau saya tanam di tegalan, dan pinggir jalan untuk penghijauan.

    Terima kasih sebelumnya ya.

  14. 18 muhammad nur
    May 25, 2009 at 11:51 am

    assalamualaikum..
    nyuwon palepatan pak….. kulo nyuwon carane… nanam niku pripon lan perawatan ..matru sowon

  15. May 28, 2009 at 3:36 pm

    Pak, kiriman bibit nurinya sudah Saya terima.
    Terima kasih banyak.
    Semoga Allah swt. membalas kebaikan Bapak.

  16. 21 Sriyanto
    May 29, 2009 at 12:59 pm

    Terima Kasih CakHam, Bibit Turinya udah tak terima.

    Mudah2 bisa subur kalo saya tanam dan bermanfaat bagi semuanya.
    Amien….

  17. 23 Syaifuddin
    August 7, 2009 at 8:12 pm

    Asslamualaikum wr. wb
    halo .. pak..
    saya lihat d’blogspot ada bibit turi ya..?
    kalau ada saya mungkin mau beli tapi berapa harganya ya untuk perkilonya ? yang benihnya lho..? saya dari kalimantan pak… kalimantan timur kabupaten berau..
    Insya Allah bisa ya pak…tapi saya ingin tahu dulu harga perkilonya
    ini dulu pak.. maturnuwun….

    • 24 cakham
      August 21, 2009 at 7:43 am

      alhamdulillah buat yang di luar jawa bibitnya gak usah beli. tapi ya gak sekilo mas, emang kedele. kirim aja alamat lengkapnya insya Allah nanti dikirim. biar turi juga bisa dirasakan di kalimantan juga he he he ….

  18. 25 Rini Hastuti
    September 3, 2009 at 4:39 pm

    Assalamualaikum Pak,…

    Saya salah satu penggemar pohon turi,apalagi bunganya kalau sudah di buat pecel waduh…jadi ngecess nich…saya berminat sekali untuk menanamnya di halaman rumah..kalau boleh saya ingin membeli bibitnya pak,bagaimana caranya Pak.
    Alamat saya di Jl.Kemuning IVA no.42A Ps.Minggu,Pejaten Timur Jakarta Selatan 12510.
    Saya sangat berharap bapak dapat segera memberikan info,bagaimana proses pemesanannya.
    Terima kasih…

    Salam

    • 26 cakham
      September 4, 2009 at 11:17 am

      kao ibu bisa main ke daerah serpong, mampir aja, alamatnya di Komplek Batan Indah Blok F-88 Serpong tangerang. Kalo gak bisa nanti saya kirimkan bibitnya.
      terima kasih sudah membudidayakan turi, ikut melestarikan tanaman dan makanan tradisional dan menambah segarnya lingkungan

      • 27 jessica
        April 29, 2013 at 6:43 pm

        Mas, salam kenal.
        Mas saya berminat nih sama bunga turi nya.
        Ad yg jual ga di sekitar bandung?
        Mohon di bales ya mas

  19. 28 Rini Hastuti
    September 16, 2009 at 11:46 pm

    Ass.w.w

    Pak,kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kiriman bibitnya,semoga segala kebaikan Bapak mendapat balasan dari Allah SWT.
    Sekali lagi terima kasih…semoga kebaikan Bapak juga menjadi manfaat bagi kami semua…Aaaamiiinn

  20. 29 Evita Dewi Agustina
    October 6, 2009 at 2:47 pm

    Ass…salam kenal
    Mas saya baca mengenai khasiat kembang turi sayangnya didaerah saya (palembang) ga ada. Saya tertarik untuk menanam disekitar rumah . kalo boleh saya mo beli bibit kembang turi yang warna putih. Alamat saya di jl natuna no 51 RT.01 RW001 Palembang 30136.Saya tunggu infonya ya mas.
    Matur nuwun ….

  21. 31 Diptyo Suryonandono
    November 24, 2009 at 7:31 pm

    Salam Kenal Pak Hamdani,

    Sepertinya banyak yang order bibit turinya, Pak. Saya baru makan pecel bunga turi di rumah teman saya, enak sekali ternyata. pahit pahit renyah. setelah saya tanya sana-sini ternyata sulit dapetin bunga turi di Jakarta.

    Boleh dong Pak saya beli bibitny, dua-duanya boleh kan yang putih sama ungu? kalo ada jenis yang lain juga boleh haha… saya mau tanam di pinggiran rumah saya biar cantik aneka warna. Kalau ada petunjuk budidaya turi juga boleh dikirim via email.

    alamat saya Prima Lingkar Asri B4/1 Jl. Caman Raya Jatibening – Bekasi 17412.

    Terimakasih
    Diptyo

  22. 32 ibu Sa'diah Serio Lago
    December 16, 2009 at 4:38 pm

    Assalamualaikum pak Hamdani, saya juga baru merasakan pecel yang ada bunga turinya dan memang enak, bisa saya mendapatkan bibitnya untuk saya tanam? semoga kebaikan bapak mendapat balasan yang lebih baik dari Allah Subhanallahu wa Taala, alamat saya griya kenari mas C2 no 1 cileungsi Bogor 16820, terima kasih banyak

  23. 34 sa'diah
    December 23, 2009 at 2:19 pm

    bibitnya sudah saya terima pak Hamdani,terima kasih.semoga mendapat balasan yang lebih baik dari Allah Subhanallahu wa Ta’ala

  24. 36 Diptyo Suryonandono
    December 25, 2009 at 9:22 am

    Pak Hamdani,

    bibitnya sudah saya terima. Terima Kasih Pak. Saya akan segera menanamnya. Semoga tumbuh dan berbunga dan semoga setiap bibit yang tumbuh berbuah kebaikan untuk Bapak.

  25. 37 Diptyo Suryonandono
    December 26, 2009 at 11:31 am

    Pak Hamdani,

    Maaf saya langsung terima kasih aja, biayanya gimana Pak?

    • 38 cakham
      December 27, 2009 at 3:05 pm

      biayanya dah diterbayar dengan doa bapak, amin terima kasih. biasanya kalo masih kecil pohonnya suka ada ulatnya, disemprot aja pake pestisida.

  26. 39 Yudi A
    January 18, 2010 at 4:10 pm

    Pak kalo mau dapat bibit kembang turinya syaratnya apa aja ya ?
    Rumah saya di daerah pasar minggu, alamat lengkapanya di
    Komplek Samudra Indonesia No. 14 Pasar MInggu – Jakarta Selatan

    terima kasih sebelumnya

  27. 40 Achsinanto Risantosa
    February 1, 2010 at 3:19 pm

    Salam alaykum wr wb.

    Pak Hamdani,
    Saya memerlukan bibit turi. Alhamdulillah kebetulan saya sering hilir mudik di jln raya serpong puspitek, inshaAllah saya akan mampir. Mohon info no telp (kalo berkenan via email saya) agar bisa janjian utk ketemu bpk. Terima kasih byk.
    Wasalam

  28. 42 rose indah widyana
    June 21, 2010 at 9:15 am

    Saya tinggal di duta bintaro.Untuk saya jual lagi di warung saya.Alhamdullilah…saya buka blog ini.Jadi saya tidak usah susah2 cari kembang turi.Berapa no tlp/hp bapak?Biar saya bisa kontak.Sangat besar harapan saya bisa kirim kembang turi bapak ke warung makan saya.

  29. 43 rose indah widyana
    June 21, 2010 at 9:22 am

    Saya tinggal di duta bintaro.Untuk saya jual lagi di warung saya.Alhamdullilah…saya buka blog ini.Jadi saya tidak usah susah2 cari kembang turi.Berapa no tlp/hp bapak?Biar saya bisa kontak.Sangat besar harapan saya bisa kirim kembang turi bapak ke warung makan saya.No hp saya:0817777562.trimakasih,wass.

  30. 44 nilavanda
    July 7, 2010 at 1:20 pm

    Assalamu’alaikum Wr Wb

    Pak Hamdani, Ibu saya ingin sekali menanam pohon turi di rumah. Kebetulan sekali saya search di google dan mendapat kan blog Pak Hamdani. Apakah saya bisa minta bibit nya Pak? Nanti biar saya ambil ke rumah Bapak. Rumah saya di Cinere

    Terimakasih

    nilavanda

  31. 45 Windy Greysianty
    July 13, 2010 at 8:57 pm

    Assalamu’alaikum Pak Hamdani,
    Saya Windy di Komplek Duren Sawit Indah Blok A5 no 10 sangat berminat dgn macam2 kembang turi, yang saya baru dapat kembang turi yg warna putih, kalau bapak punya bibit kembang turi warna merah dan ungu, boleh saya beli bibitnya Pak? Utk menambah “hijau2″ halaman rumah..biar tambah mak nyus angine.. plus bisa buat pecel :)
    Terima kasih

    Wassalam,
    Windy

  32. 46 Romadoni
    October 12, 2010 at 10:26 am

    Pak hamdani, saya dari kebumen nyuwun bibitnya boleh gak? saya juga pengin membudidayakan tanaman turi. tapi biar tanamanya tidak tinggi gimana caranya pak?trims

  33. 47 Moch Dani
    November 2, 2010 at 12:44 pm

    Saya Dani ,Boleh saya minta benih turi yang banyak kembang untuk tanaman rumah saya dan saya belum pernah makan kembang turi itu seperti apa dan saya suka pohon yang bermanfaat banyak seperti turi .
    Alamat saya di Jl. H. Montong 31 Rt 003/02 Ciganjur Jakarta 12630 berapa biaya antar nya.
    Terimakasih atas perhatian dan bantuannya

  34. 48 iwan sumarwan
    November 5, 2010 at 11:57 am

    Aslkm,

    sy juga sudah lama tinggal di jakarta,kangen sama pecel kembang turi buatan ibu..
    kalo mau beli gimana caranya mas?sy mau tanam di pekarangan..

    alamat saya : Jln langgar Rt 04/03 no 21 joglo jakarta barat 11640

    mohon di balas ya mas..

    matur suwun

  35. November 24, 2010 at 2:24 pm

    tadi pagi saya ke pasar nyari kembang turi untuk dibikin pecel. hasilnya nol besar. setelah googling baru saya tau kalo pohon turi sangat langka di jakarta. dan nemulah saya web bapak ini. saya tertarik mau nanam pohon turi di halaman rumah pak. boleh saya dikirimi bibitnya? berapa ya pak ongkos kirim dan harganya? alamat saya: perum mutiara darussalam blok C1/14, jalan pitara raya pancoran mas depok. terima kasih banyak.

    • 51 cakham
      March 27, 2011 at 7:34 pm

      iya bu insya allah dikirimkan bibitnya

      • April 6, 2011 at 2:40 pm

        wah pak, alhamdulillah, bibitnya sampai rumah. tadi pagi ada tukang pos datang. saya sempat bingung darimana. pas dibuka ternyata isinya bibit turi. terima kasih banyak pak. semoga Alah SWT membalas kebaikan bapak dan keluarga.amin

      • 53 cakham
        April 6, 2011 at 4:01 pm

        Amien, terima kasih doanya. Semoga cepet berbunga dan bikin pecel
        Powered by Moh Hamdani®

  36. 54 Prayoga sumarto
    January 10, 2011 at 7:45 am

    Ass wr wb, Saya dari Demak pak Dani, mhn berkenan saya dikirimi bibit turinya baik yang merah maupun yang putih, saya akan coba tanam di lahan saya, katanya baik untuk kesehatan. Saya di Jl Jogoloyo No 21, Rt 02/Rw 01 Demak, atas kebaikannya saya sampaikan terima kasih. Wassalaamu alaikum Wr Wb.

  37. 56 Agung
    January 13, 2011 at 7:23 pm

    Permisi
    saya d surabaya pak,mau menanam pohon turi untuk hijauan drumah dan dikonsumsi sendiri bunganya hehehe,apa bapak mempunyai bibit pohon turi?kalau ada berapa pak harganya?soalnya d surabaya makin langka pak,makasih

  38. 57 wahyu
    January 26, 2011 at 12:31 pm

    pak boleh minta bibit turinya? terima kasih sebelumnya

  39. 59 Nita Silvianti
    April 1, 2011 at 9:45 am

    Assalamu’alaikum…

    Waahh… Lagi googling pasar mana yg jual kembang turi di Jakarta, ternyata nemu blognya Pak Hamdani yg punya bibit turi.. Kebetulan suami saya orang Madiun, kadang kepingin buatkan suami pecel spesial pake kembang Turi, tapi kok susah ya nyarinya di Jakarta..
    Saya boleh minta tolong dikirimkan bibitnya, Pak… tanya juga berapa harga bibit dan ongkos kirimnya ya, Pak?
    Alamat saya Perumahan Dinas BTN Jl. K. H. Mas Mansyur Gg. Mess No. 86/24 Tanah Abang. Jakarta Pusat 10210

    Terima kasih banyak

  40. 60 Ny.Suharto
    April 18, 2011 at 4:49 pm

    Pak Hamdani, salam kenal..
    saya dan suami mendambakan keturunan & menurut kerabat saya mengkonsumsi bunga/kembang turi bisa dijadikan makanan untuk menyuburkan, apakah bisa diberitahu ke saya pak jenis apa saja yang ada dlm varietas kembang turi & khasiatnya apa saja?
    Dan bila tidak keberatan, saya ingin membeli bibit bunga turi dari bapak..
    beikut alamat saya pak :

    Apartemen City Park Tower DA.2 No.2
    Jl. Raya Cengkareng
    Jakarta Barat
    11730

    Saya tunggu kabar baik dari bapak, dan saya ucapkan terima kasih untuk bantuan bapak
    Salam utk keluarga pak, GBU

  41. 61 hilde aprilia panggabean
    July 8, 2011 at 10:59 pm

    hebattttttttt

  42. 62 Monica
    October 8, 2011 at 10:35 pm

    Wa … nyari nyari ketemu disini :)

    Saya boleh minta tolong dikirimkan bibitnya yang ungu dan yang putih, Pak… tanya juga berapa harga bibit dan ongkos kirimnya ya, Pak?

    Alamat saya Perumahan Griya Babatan Mukti Blok M no 70, Surabaya, Jawa Timur

    Thank you berat,

  43. 63 chandra kusuma
    November 11, 2011 at 12:54 am

    salam mas.. Dari kemarin saya coba cari info untuk memperoleh bibit kembang turi.. Orang tua saya asli gunung kidul dan merantau ke bogor.. Dan kami sudah lama di bogor sejak saya lahir, saya bermaksud menanam kembang turi di pekarangan belakang.. Sekaligus buat bisa dikonsumsi orgtua saya, karena jarang pulang ke jawa n dibogor sulit dapat bibit kembang turi ini.. Mohon bantuannya, kiranya saya bisa mendapatkan bijinya.. Suwun mas

  44. 64 tugiman
    January 20, 2012 at 7:29 am

    Kalau di Samarinda ada kebun turi di rumah saya kalau perlu hubungi 081346552118

  45. 65 casasulthan
    February 2, 2012 at 4:26 pm

    pak aq butuh bunga turinya boleh aq ke tempat bapak? no telp yang bisa di hubungi dong. aq besok ke tempat bapak.. no aq 02168877139

  46. February 28, 2012 at 11:27 pm

    Assalamu’alaikum

    Nemu blog ini pas lagi googling nyari bibit turi, di Tegal saja udah langka bgt yg jualan urap pake kembang turi. Katanya turi juga bisa buat pupuk padi. Btw, saya boleh ikutan minta bibitnya Pak?
    Alamat saya di Jl. Raya Kajen Rt.15/05 Talang-Tegal-Jawa Tengah-52193
    Terima kasih banyak sebelumnya

    Wassalaamu alaikum Wr Wb

  47. 68 Rakhma
    April 11, 2012 at 10:25 am

    Assalamu’alaikum…salam kenal
    Mas saya baca mengenai khasiat kembang turi sayangnya didaerah saya (Lahat, Palembang) gak ada. Saya tertarik untuk menanam di sekitar rumah saya. kalo boleh saya mo beli bibit kembang turi. Alamat saya di Jl.SMPN. 4 No. 03 RT.05 RW. 02 Lahat Tengah Lahat (SUMSEL) 31419. Info baliknya terima kasih…

  48. 69 david
    May 28, 2012 at 4:17 pm

    mas
    aku berminat donk bibitnya ,biar aku tanam di daerahj aku di purwakarta
    sebenarnya aku sedang nyari@ bibit tapi jualnya karungan jadi aku bingung nanamnya
    bisa ya mas ,please

    • 70 cakham
      June 1, 2012 at 11:04 am

      sip mas segera di kirim, … mari menanam pohon biar udara jadi segar…. investasi untuk generasi masa depan, saving our world …

      • May 1, 2013 at 6:30 am

        pak,saya pengen nanam turi di dpn rmh,tp ga nemu2 bibitnya.kebetulan bpk pny,klo boleh,saya minta donk..bpk baik deh.alamat saya : ayu,ds banglarangan rt/rw 12/04 ampelgading pemalang.matur nuwun sanget..

  49. 72 Sri Rahayu Suryaningsih
    August 26, 2012 at 9:21 pm

    Ass. Wr. Wb. Mhon maaf Bapak saya tertarik dan kepingin sekali untuk menanam dan menikmati bunga turinya apabila masih ada bibitnya saya berkeinginan untuk mendapatkannya kebetulan saya tinggal di Jln Meninting Raya No 17 BTN Kekalik, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Trimks Sebelumnya

  50. 73 ismail
    December 19, 2012 at 10:39 pm

    asslmkm..
    pak sya mau tnya.,ap bpak pnya turi ungu???
    klw pnya sya pngn bli bibitx….

    sya pngn turi ungu…kmrn sya cri tp dpt yg turi merah…..klw turi putih tu dah trllu umum dkmpung sya..
    trma ksh…

  51. 74 martina
    January 6, 2013 at 5:44 pm

    Pak Hamdani, saya sangat berminat membeli bibit kembang turi Bapak.
    Di halaman saya menaman bbrp sayuran tapi saya belum pernah menemukan bibit kembang turi.
    Semoga Bapak bisa membantu saya ya. Terimakasih banyak sebelumnya. Martina, Pondok Jati Blok AI-7 Sidoarjo, Jawa Timur.

  52. February 12, 2013 at 7:00 am

    slmt pagi pak, klu sy didaerah bogor bisa minta tlng kirimkan daunnya gak buat obat, kira2 sekilonya brp sm ongkos kirimnya?

  53. 76 Dody
    April 13, 2013 at 9:22 pm

    Mas,

    Saya tertarik juga utk nanam pohon turi di Karawang, bisa beli biji nya dikirim ke Komplek Bumi Malaka Asri Jl. Melati 2 No.18 Duren Sawit Jakarta Timur 14560. Nanti saya tansfr uangnya.

  54. May 2, 2013 at 12:32 am

    pak,kulo ayu.pengeeeen bgt nanem turi,buat pecel n lodeh.boleh ndak nyuwun bibitnya?menawi pareng,alamat kulo,
    ayu indri
    ds. banglarangan rt/rw 12/04 kec. ampelgading pemalang..matur nuwun sanget.

  55. 78 ahmad tri afandi
    May 23, 2013 at 10:06 pm

    keren abis.

  56. 79 rama
    September 5, 2013 at 6:47 am

    saya punya 8 pohon turi putih yg setiap 2 hari dipanen dapet 2kg bunganya, harga perkg bunga turi disini 5000/kg. rencana mau tanam 1000 pohon turi siapa yg mau jadi agen kembang turi dipasar2. trims hub.085290533430

  57. 80 arief suryana
    October 6, 2013 at 4:53 am

    Numpang tanya saya dikasih bibit turi setelah saya tanam numbuhnya seperti kacang panjang, apa memang demikian

  58. 82 arief suryana
    October 12, 2013 at 4:29 am

    maaf pak boleh minta bibitnya tidak buat penghijauan di kompleks saya di tajur halang karena yang saya tanam dimakan kelinci peliharaan, berapa ongkos kirim alamat saya : ary sugih gedung intiland tower jln. jendral sudirman kav 32 kantor housekeping lt P3 Jakarta pusat, berapa ongkosnya terima kasih

  59. 83 nasi pecel mbak darti
    December 6, 2013 at 12:34 am

    Ass wr wb. Mas sy kebetulan buka pecel di jambi, cmn kembang turi gak ada disini. gmana caranya sy bs dpt bibitnya. Alamat sy Lazio Residence Blok A No 27 Buluran Telanaipura Jambi. HP 085357720040


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: