26
Jun
10

Kenapa Orang Bisa Merasa Merinding?

Vera Farah Bararah – detikHealth

imgJakarta, Beberapa kondisi tertentu yang dialami seperti ketakutan atau kedinginan bisa menimbulkan reaksi tubuh merinding. Kenapa fenomena ini bisa terjadi?

Merinding adalah fenomena fisiologis yang diwarisi oleh nenek moyang sejak zaman dahulu dan dialami oleh semua mamalia.

Saat orang merasa merinding, tidak hanya rambut di kulit yang berdiri tapi juga disertai dengan munculnya gundukan-gundukan di tempat rambut tersebut tumbuh. Timbulnya gundukan tersebut akibat adanya kontraksi dari otot yang kecil.

Seperti dikutip dari Scientificamerican, Sabtu (26/6/2010), merinding terjadi karena alam bawah sadar seseorang melepaskan hormon stres yang disebut dengan adrenalin. Adrenalin yang dihasilkan oleh manusia melalui dua kelenjar kecil di atas ginjal tidak hanya menyebabkan kontraksi otot, tapi juga mempengaruhi banyak reaksi tubuh lainnya.

Selain itu merinding juga bisa muncul sebagai akibat dari kontraksi otot erector kecil yang ada di dalam kulit. Ketika rangsangan ini menghasilkan perubahan saraf, maka terjadi kontraksi pada otot sehingga rambut di atas kulit menjadi berdiri.

Tubuh yang merinding bisa terjadi sementara dan menghilang beberapa saat kemudian. Dan setiap orang tidak mampu mencegah tubuh yang merinding, sama halnya dengan muka yang memerah dan juga tubuh berkeringat.

Terdapat beberapa kondisi tubuh yang bisa menyebabkan rambut di kulit berdiri, yaitu:

Rangsangan udara dingin

Berdasarkan sebuah artikel yang ditulis oleh Eric Sonstroem dari Indiana University dalam website ‘A Moment of Science‘, merinding adalah suatu reaksi primitif yang timbul dari sistem limbik otak. Ketika ada rangsangan udara dingin, maka rambut di ujung kulitnya akan berdiri untuk membantu menghangatkan tubuhnya.

Reaksi emosional
Beberapa reaksi emosional bisa menyebabkan tubuh merinding, seperti ketakutan, menonton film, melihat sebuah karya seni atau mendengar suatu konser musik. Emosi yang timbul bisa menyebabkan piloerection dari akar rambut menjadi bervariasi dan kompleks. Namun sampai saat ini belum diketahui mengapa ada orang yang merinding terhadap suatu rangsangan tertentu, sementara yang lainnya tidak.

Fight atau flight
Merinding menjadi respons dari mekanisme ‘fight or light‘. Ketika manusia merasa waspada terhadap adanya suatu bahaya, maka akan mengeluarkan adrenalin dan darah yang dipompa ke dalam otot menjadi meningkat sehingga tubuh menjadi merinding.

(ver/ir)

02
Jun
10

Telaga Sarangan, tempat rendevous indah di kaki gunung lawu

Temperatur udara cukup rendah untuk hanya sekedar berkaos oblong di pagi hari di bibir telaga sarangan. pada elevasi sekitar 2000 mdpl, cuaca berembun dan kadang-kadang angin bertiup cukup kencang menerpa kulit yang terbuka.  Jika tidak pada hari libur sangat nyaman untuk beristirahat bersama keluarga, melepas segala beban kesibukan kita sehari-hari.

Telaga sarangan adalah tempat wisata alam berupa danau dengan diameter kurang lebih 500 m. Telaga ini disebut juga dengan telaga pasir. terdapat sebuah pulau ditengah danau.

Dapat dicapai dari arah Magetan ke arah barat melewati plaosan sekitar 17 km. jalur ini juga merupakan jalan tembus ke jawa tengah meewati karaganyar/cemorosewu. banyajk tersedia angkuatan. Jangan terkecoh, sebelum sampai ke sarangan ada sebuah danau yang lebih kecil namanya telaga wurung. Wurung dalam bahasa jawa artinya “gak jadi”.

Soal penginapan dan hotel tersedia lebih dari cukup dan terdiri dari beragam kelas, dari yang kelas losmen sampai kelas berbintang. Tarif juga sangat terjangkau. Tapi pada hari2 libur tarif penginapan bisa melonjak sampe 2 atau tiga kali lipat. Di sekeliling telaga terdapat dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata.Di samping puluhan kios cendera mata, pengunjung dapat pula menikmati indahnya Sarangan dengan berkuda mengitari telaga, atau mengendarai kapal cepat.Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman.

Bagi yang suka kuliner, sate kelinci adalah kudapan paling favorit disini. Dengan harga antara Rp. 10.000,- s/d Rp. 15.000,- kita sudah bisa mendapatkan 10 tusuk sate kelinci yang yummy. tak cukup kenyang memang karena tusukannya kecil-kecil, tapi cukup untuk menghilangkan rasa penasaran dan mengahangatkan tubuh.

Jika ingin main di air kita bisa sewa speed boat untuk keliling telaga seharga Rp. 40.000,-. keliling dengan menunggang kuda juga gak kalah asyiknya. Tak perlu takut karena kudanya cukup jinak dan ada joki yang siap menuntun kuda bagi anak2.

Pada tahun baru suro, banyak wisatawan yang melanjutkan kegiatannya dengan mendaki ke puncak lawu. Butuh persiapan fisik dan pengetahuan petualangan yang cukup, karena medanya lumayan berat. Disekitar puncak banyak terdapat bunga edelweis yang legendaris. Asyiknya sih buat dinikmati di atas, gak perlu dipetik dan di bawa ke bawah. karena sejatinya bunga ini dilindungi.

jadi…. ayo ke sarangan, berlibur, ada udara segar dan rendevous bersama keluarga….

04
Jan
10

CARA TANAM PADI METODE SRI

UMUM

Pola tanam padi model SRI adalah cara bertanam padi kembali ke alam. Artinya, petani tidak lagi menggunakan pupuk kimia, tapi memanfaatkan jerami, limbah geraji, sekam, pohon pisang, pupuk kandang yang diolah untuk pupuk tanahnya. Lalu, bibit yang disemai tidak lagi 20 hari, melainkan tujuh hari tempat persemaian sederhana seperti memanfaatkan besek kecil.

Jika sebelumnya benih dibutuhkan 30 kg/ha, kini pola SRI cukup 7 kg/ha. Setelah itu, ditanam di sawah dengan biji tunggal (satu biji benih) saat usia benih tujuh hari dengan jarak 30 cm x 30 cm. Tidak banyak diberi air, lalu penyiangan dilakukan empat kali, pemberian pupuk alami hingga enam kali, pengendalian hama terpadu, dan masa panen saat usia 100 hari atau lebih cepat 15 hari dengan pola biasa. Menurut Kepala Dinas Pertanian Ciamis, Ir. Lukman, saat ini sudah 73 ha lahan yang memakai pola SRI. Rata-rata setiap panen mencapai 10 ton/ha dengan pola biasa hasil panen rata-rata hanya 4.5 ton/ha. Sungguh kenaikan yang cukup significant terjadi lonjakan produksi padi dengan pola SRI hingga 100%. Ini artinya, ada peluang besar dalam meningkatkan produksi pertanian padi dan juga ramah lingkungan.

TAHAPAN

  1. Pupuk Organik sebanyak 4-8 ton/ha (tergantung kandungan organik sawah, bila kadar organik tanah sudah mencapai 2 % maka dengan pemupukan 1 ton/ha sudah mencukupi untuk menjaga keseimbangan kesuburan). Pupuk organik ditaburkan merata ke permukaan tanah. Setelah itu sawah dibajak sesuai dengan kedalaman akar padi sekitar 30 cm.
  2. Setelah sawah dibajak selajutnya direndam dengan air selama seminggu untuk mengkondisikan pupuk organik jadi lebih matang dan menyebar di dalam tanah.
  3. Setelah direndam 1 minggu sawah digaru agar kontur tanah merata untuk persiapan tanam. Pada saat bersamaan bibit padi mulai ditebar setelah diperam selama 4 hari sampai keluar akar.
  4. Setelah digaru sawah digenangi air lagi sambil menunggu bibit umur 7-9 hari untuk siap tanam, 2 hari sebelum tanam air dikeluarkan dari sawah sampai kondisi tanah masih tetap basah tapi tidak tergenang air.
  5. Sawah digarit dengan garis horizontal vertikal tegak lurus berjarak sama 25 cm x 25 cm.
  6. Padi ditanam satu bibit perlubang
  7. Setalah dilakukan PENG-GARITAN padi ditanam tepat pada titik temu antara garis vertikal dan horisontal. Padi ditanam satu per satu atau dua dua sebagai cadangan untuk nyulam.
  8. Setelah padi ditanam tanah dikondisikan basah tapi tidak tergenang agar transfer oksigen ke tanah terus berjalan dan aman dari gangguan keong emas. Pada awalnya padi nampak jarang dan kecil-kecil.
  9. Pada Umur 15-20 hari dialakukan penyiangan pertama untuk membersihkan rumput dengan cara mekanis pakai landak diikuti tenaga manusia yang mencabut rumpuk yang berdekatan dengan batang padi. Bila setelah penyiangan pertumbuhan padi tampak tidak merata maka dilakukan penambahan pupuk majemuk agar pertumbuhan vegetatif padi optimalberanak banyak dan berbatang kuat.
  10. Padi umur 30-35 hari dilakukan penyiangan kedua, bila padi tumbuh segar, hijiau dan batangnya kokoh maka setelah penyiangan tidak perlu dilakukan pemupukan tambahan
  11. Padi Umur 30 Hari Padi siap panen
  12. Setelah umur 40 hari padi sudah tampak tumbuh lebat dan pada umur 50 hari padi mulai berbunga. Padi dengan Pola Tanam SRI anaknya banyak bulirnya lebat untuk menjamin agar bijinya penuh berisi maka perlu pupuk daun. Agar produk SRI masih dalam Koridor Beras Organik maka disarankan menggunakan Biopestisida atau NanoGren agar produknya standard, merata dan tidak tercemar pestisida. Umur 95 hari padi siap panen.

Selamat Bertani semoga sukses

10
Nov
08

THE DREAMING HOUSE

……. .The dreaming house is the house for dreaming. ……

rumahku Lama sudah aku pingin punya rumah sendiri, yang layak untuk bermimpi, yang dindingnya cukup kokoh untuk melindungi, merawat dan merajut mimpi-mimpi. Sekarang rumahku dah 75% rampung. Kusisakan 25% biar mimpiku terus ada. mimpi yang selalu menyemangatiku untuk terus berkreasi.

Alhamdulillah keluargaku seneng dengan rumah barunya. si era dan wildan punya kamar sendiri. era jadi sering tulis diary, mungkin dia merasa nyaman punya privacy sendiri. wildan dah mulai nempel2 gambar di dinding kamarnya. istriku sekarang punya ruangan yang cukup untuk potong dan desain baju pesenan customernya.rumah-2

Hmmm.. . aku bairkan mereka berkreasi dengan ruangan mimpinya. dah lama mereka terkekang dalam ruangan yang sempit dengan keterbatasan kewenagan berimprovisasi.  semoga tak hanya mimpi yang ada disana.

Semoga mereka lebih banyak mengucap syukur, meningkatkan semangat beribadah. agar rumah tidak menjadi beban tapi menjadi berkah. …..

CIMG0903

13
Oct
08

Kembang Turi

yang dari jawa timur….. atau yang suka nasi pecel jawa timur (pecel madiun, pecel blitar dll, asal bukan pecel lele aja) umumnya tahu kembang turi…

Waktu aku kecil, sarapan favorit yang disediakan ibuku adalah nasi goreng atau nasi pecel. entah kenapa ibuku selalu menyediakan salah satu dari kedua menu tersebut setiap pagi. Mungkin karena gampang penyajiannya atau karena murah dan bahannya selalu tersedia disekitar rumah.

nah, kalo dah bikin pecel, maka kembang turi menjadi sayur wajib yang diolah.  “rasanya kaya perang baratayudha gak ada arjunanya kalo pecel tanpa kembang turi” begitu ujar ibuku kalo ada yang komplain masalah kembang turi.

bagi kami anak-anaknya kemudian menjadi terbiasa kalo gak boleh dibilang ketagihan hingga sampe bertahun-tahun menghantar hari-hariku bersama ibuku tersayang.

awal tahun 90 an saya mulai mengadu nasib di sekitar ibu kota. selamat tinggal kampung halaman, selamat tinggal keluargaku dan selamat tinggal pecel turi kesukaanku. bertahun-tahun kemudian aku sama sekali gak tersentuh kembang turi. mungkin karena aku lebih suka praktis pake mi instan. dan memang yang namanya kembang turi gak kutemukan di tempat tinggalku. Bahkan beberapa tahun kemudian ketika aku pulang kampung aku gak melihat lagi pohon turi disekeliling rumah orang tuaku. seolah pergi mengikuti ibuku yang telah mendahului aku menhadap ke pelukan illahi robbi.

tahun 2007 aku memperoleh bibit turi varietas baru yang berbunga lebih banyak. awalnya kutanam untuk mengobati rinduku akan pecel turi… namun secara tak sengaja sekarang malah mendatangkan peluang bisnis bagi anakku Era.  Alhamdulillah, dari sekedar nostalgia kini aku punya kesibukan baru… petik turi setiap pagi dan delivery ke restoran. kata yang jualan pecel, kembangturi itu bisa untuk menambah “stamina” lho.

Sekarang pohon turi kutanam mengelilingi rumahku, semoga rezeki ini membawa berkah bagi keluargaku….

22
Feb
16

COACHING….

coahing

Kemarin pertengahan februari 2016 saya mendapatkan tugas untuk berbagi ilmu tentang “coaching” dengan teman-temen BPPT, ITI, TBIC dan juga ada dari Balitbangnov Jateng. Sebenernya belum punya sertifikat sebagai trainer coaching. Jujur saja dan itu aku tulis pada halaman judul sebagai Uncertified Coach. Nampaknya mereka terkesan dengan kejujuran saya sehingga gak banyak complain jika ada yang kurang. Sebagai trainer coach saya baru pertama ini, tapi kalo melakukan coaching ke teman-teman UKM inovatif saya sudah sering melakukannya.
Bagi yang ingin tahu materi yang saya sharingkan dapat didownload pada link berikut ini. Semoga bermanfaat.

CB Coaching PTKI

 

22
Jul
13

Remembering the past

student-centerDi sini dua puluh enam tahun yang lalu …. tak terbayangkan jika aku akan kembali pada tempat yang sama untuk keperluan yang sama. Ya Putriku mengulang cerita ayahnya… mendaftar dan diterima di Universitas Brawijaya. Kududuk tercenung diantara Student Center dan Sasana Samantha Krida, dua gedung yang melegenda yang tak nampak ada perubahan berarti walaupun usianya sudah melewati angka 30 tahun. Tak seperti kawasan disekitarnya yang berubah menjadi bising dan sibuk dengan aktivitas mahasiswa, disini masih ada sisa-sisa kedamaian itu. Pada Masa itu SC dan Sakri terlalu lekat denganku. Setiap Selasa dan Jum’at malam pada tahun-tahun itu aku seakan tak pernah absen menyapamu.

Tapi mana gedung yang itu … yang berderet berjajar yang selalu ramai dengan canda dan tawa para penghuninya? Waktuku tersita berlama disitu, bahkan tidur malampun terasa lebih lelap disini.  Mata-mata bening itu sering menatapku. Mungkin dia curiga… mau menyelidik …. atau kata anak sekarang dia mau “menembak” aku. Sayang aku belum mengerti benar arti tembak menembak saat itu, sehingga banyak “tembakanku” yang tak mengenai sasaran. :)).

Namun ceritaku harus terhenti waktu itu, walau sebenarnya masih ingin ku berlama-lama disana. Apalagi masih ada si mata bening … si putih pasi … si ikal sayu …..

Kini anakku menginjakkan kakinya dikampus ini, ingin meraih mimpinya yang aku yakin melebihi mimpiku. Aku hanya mengantarmu nak…. Ayahmu melakukannya 26 tahun yang lalu. Kini saatnya kau menggapai citamu. Ayah gak menuntut kamu harus seperti ayah, nikmati saja nak, massa ini gak akan terulang nanti…… tak terasa sudah hampir tiga dasa warsa itu.

06
Oct
12

CARA MENDAFTAR HAJI

Image

Sekedar berbagi info bagi yang akan menuju Baitullah,

Karena kebetulan kami insya Allah telah mendaftar untuk haji reguler, berikut langkah dan detailnya persyaratannya.

  1. pertama-tama kita membuka rekening khusus haji di bank, yang sudah aku survey adalah BSM, BNI, Muamalat, dan Bank Mandiri. Dengan berbagai masukan dari sahabat, dan rekan2 kerja di kantor, kami memutuskan untuk membuka account di bank mandiri saja (lebih karena lokasi banknya dekat).
  2. Sampai di Bank  bilang ke satpan mau daftar Haji, nanti akan diarahkan pak satpam harus ambil antrian di bagian  antrian di CS (Customer Service).
  3. Saat giliran di CS tiba, maka bilang mau daftar haji, nanti oleh CS akan dijelaskan untuk tabungan haji maka minimal harus buka dengan nominal Rp. 500.000,- dan kalau mau mendapat nomor antrian, harus menyetor Rp. 25.000.000,- (Tahun 2012). Jadi totalnya Rp. 25.500.000, Jadi jika anda ingin segera masuk daftar antrian, maka minimal uang yang harus anda setor adalah Rp. 25.500.000,-
  4. setelah kita membayar sebesar uang muka haji tersebut, kita  akan diberikan surat  keterangan dan Buku Rekening Tabungan Haji. Setelah selesai dibank ini, maka anda harus pergi ke kantor Departemen Agama sesuai domisili.
  5. Di Depag kita akan diminta untuk mengisi form Surat Perdaftaran Pergi Haji (SPPH) dengan melampirkan copy KTP dan buku setoran tabungan. Masing2 kita yg mendaftar harus datang sendiri ke depag karena kita akan difoto dan dipindai finger printnya. untuk foto ini prinsipnya bisa dimana saja, tetapi di depag juga menyediakan, dan tadi biayanya per orang kisaran Rp. 70.000,- memang format fotonya lain, yaitu benar-benar close-up, bukan foto setengah badan, jadi dominan kelihatan secara jelas bentuk wajahnya. Jika foto diluar depag kemungkinan salah bisa terjadi, sehingga foto akan ditolak. Disana kita sekaligus menunggu SPPH selesai.
  6. Setelah SPPH selesai, sebaiknya kita bergegas kembali ke bank tempat kita menyetorkan uang tadi dengan membawa SPPH dan cetak foto yang diberikan oleh Depag, untuk mendapatkan Bukti Pembayaran Ibadah Haji (BPIH). Di sini bank akan memberikan bukti transfer dana 25 juta kita tadi ke rekening depag.
  7. Setelah mendapat BPIH, kita kembali ke Depag untuk mengambil sisa 30 lembar cetak foto 3 hari kemudian. dan Nomor Porsi untuk mengetahui perkiraan tahun keberangkatan haji dan Nomor Porsi untuk mengetahui perkiraan tahun keberangkatan haji.
  8. Untuk yang mendaftar pada bulan april 2012 perkiraan berangkatnya adalah pada tahun 2019.

Selesai

Demikian, semoga bermanfaat

13
Feb
09

CONTOH PROPOSAL BISNIS

Sejak beberapa waktu yang lalu saya mencoba meninventarisasi contoh contoh proposal bisnis sederhana yang menurut saya sangat berguna sebagai panduan awal untuk memulai bisnis. Tentunya dengan berjalannya waktu ada beberapa asumsi yang harus disesuaikan. Proposal ini bisa didownload secara bebas asal disebutkan sumbernya. Untuk memperkaya proposal bisnis ini maka diharapkan adanya komentar dan koreksi dari para pengunjung semua. Atau barangkali rekan-rekan juga punya proposal bisnis yang menarik mungkin dapat dishare dengan saya untuk di tampilkan dalam halaman ini. Semoga proposal-proposal tersebut dapat memberi manfaat dan memudahkan para calon calon enterpreneur untuk memulai bisnisnya.

Beberapa proposal tersebut adalah sebagai berikut:
1. budidaya-pertanian-singkong
2. Pertanian-organik-terpadu




August 2016
M T W T F S S
« Feb    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Recent Comments

Blog Stats

  • 202,966 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.