13
Feb
09

CONTOH PROPOSAL BISNIS

Sejak beberapa waktu yang lalu saya mencoba meninventarisasi contoh contoh proposal bisnis sederhana yang menurut saya sangat berguna sebagai panduan awal untuk memulai bisnis. Tentunya dengan berjalannya waktu ada beberapa asumsi yang harus disesuaikan. Proposal ini bisa didownload secara bebas asal disebutkan sumbernya. Untuk memperkaya proposal bisnis ini maka diharapkan adanya komentar dan koreksi dari para pengunjung semua. Atau barangkali rekan-rekan juga punya proposal bisnis yang menarik mungkin dapat dishare dengan saya untuk di tampilkan dalam halaman ini. Semoga proposal-proposal tersebut dapat memberi manfaat dan memudahkan para calon calon enterpreneur untuk memulai bisnisnya.

Beberapa proposal tersebut adalah sebagai berikut:
1. budidaya-pertanian-singkong
2. Pertanian-organik-terpadu

About these ads

182 Responses to “CONTOH PROPOSAL BISNIS”


  1. March 29, 2009 at 7:19 pm

    hallo! pak minta tolong kirimkan contoh proposal tentang usaha bisnis mikro Bursa buku bekas.
    soalnya saya punya banyak buku bekas,jadi saya mau jualan di kampus.

    • 2 cakham
      April 2, 2009 at 4:07 pm

      ok bu/mbak/mas tepy nanti coba tak bikin drafnya, semoga cocok dengan bisnisnya

      • 3 Rheza satya Permana
        March 14, 2010 at 9:54 am

        saya Rheza,mahasiswa smster3..saya mhn dikirimkan proposal usaha Laundry dan toko buku baru dan bekas…
        saya dan teman2 berencana mengembangakannya karena di kota kami,jember agak sulit mendapatkannya
        mhn ya pak,,,terimakasih

      • 4 ghea
        June 2, 2011 at 3:12 pm

        tolong donk kirimin bisnis plan bengkel motor ato mobil ato bisnis plan makanan yg sehat . dtnggu iah . makasih :)

  2. 5 arbi
    April 24, 2009 at 6:59 am

    salam…!
    pak mohon bantuan dan arahannya mungkin, untuk contoh proposal bisnis mikro tentang tahu
    untuk permohonan sewa lokasi, karena pada saat saya mau menyewa lokasi untuk tempat usaha saya pemlik tempat tersebut minta proposal usaha, karna saya sedang awal untuk mencoba membuat suatu usaha, saya belom bisa apa2 untuk pembuatan proposal, mohon pencerahan dari saudara…
    terima kasih

  3. 6 agus lesmana putra
    April 25, 2009 at 11:18 am

    assalamualaikum,
    saya berencana buka usaha rental komputer, print teks/photo, dll dirumah, saya membutuhkan contoh proposal peminjaman dana, mungkin bapak punya contohnya?
    terimakasih atas bantuannya

  4. 7 doni
    April 26, 2009 at 11:43 pm

    pak saya mhs pgn skali bkin usaha putu tp dgn modifikasi yg saya miliki nntinya…
    kerana saya ingn makanan tradisional tdk mati…

    tapi dgn konsep kyak caffe kecil gtu pak…

    untuk itu saya ingin membuat proposal penggajuan dana dan mohon bantuan membantu contoh penyusunan proposal trsb. trimakasih…

  5. 8 noviyandi hidayat
    May 3, 2009 at 8:50 pm

    pak saya minta tlng beri saya contoh proposal untuk ngajui usaha yang didanai kampus dan pemerintah

    seperti ini cerita nya pak
    di kampus kami sedang program bantuan usaha bagi mahasiswa yang kreatif.dan itu dibuat perkelompok kelompok

    jadi saya mau buat usaha cuttingstiker,id card dan lain nya berbagai program digital.jadi saya bingung gmn buat proposal nya
    saya mahasiswa politeteknik negeri medan semester 4.
    tolong bantuan nya pak
    saya mau contohnya saja pak

    kalau basa pak kirim kan ke email saya noviyandi@yahoo.com

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

  6. 10 aldi
    May 7, 2009 at 10:48 pm

    Pak saya ingin buat usaha jasa pembersihan gedung, gmana cara awalnya?

  7. 11 ilfa haniin
    May 16, 2009 at 6:18 pm

    contoh proposal pengusaha kecil nya mana pak biar tambah lengkap . contoh -contoh dari proposal tu sangat penting untuk pedoman belajar

  8. 12 SHIRAY
    May 23, 2009 at 2:02 pm

    ASSALAMU A’LAIKUM

    MOHON BANTUANYA DONG SAYA PUNYA TUGAS KAMPUS BUAT PROPOSAL BISNIS USAHA KECIL
    TOLONG DOPNG KIRIMIN KALAU BISA SECEPATNYA

  9. 13 Suharni umar
    May 31, 2009 at 12:35 pm

    Pak tolong saya dikirimi contoh proposal usaha peternakan dan penggemukan sapi dengan anggaran 300 juta.

    • 14 cakham
      May 31, 2009 at 1:44 pm

      he he he… saya sebenarnya juga mau bikin proposalnya tapi tidak hanya peternakan, tapi berikut pertanian terpadunya, jadi ada pertanian, peternakan dan energi biomasa…. Bapak/Ibu? lokasi dimana?

      • November 14, 2011 at 3:26 pm

        perkenalkan saya jaka..siswa SMK 1 Bukit Sundi.
        pak…
        kalaw cuman 300 juta…
        kira2 brapa sapi betina untuk pembibitan tu pak??
        dan brapa karyawan yang di butuhkan serta berapa ton pakan yang d butuhkan masing2 nya per hari??
        mohon jawaban nya..

  10. May 31, 2009 at 7:12 pm

    assalamualaikum..
    pa tlong bantuannya dunkz…
    saya lagi nyari tugas proposal usaha sablon nie…??
    jadi seblum kita membuat usaha tersebut kita harus tau dulu limbah apa yang di hasilkan dan cara menanggulanginya gimana..???
    mohon bantuannya…??

  11. 17 Victoria
    June 2, 2009 at 8:26 am

    Pak saya mahasiswi, ada tgs bwt props bisnis yg unik dan menjanjikan bwt daerah jogja, anggaran dbwh 10 jt.. Mohon bntuany ya pak,. N kira2 ide bisnisnya apa?
    Thx

    • 18 Leman
      August 3, 2009 at 11:07 am

      Ada mbak … bikin patung mbah surip dari apa aja bahannya dng pakai baju ala Rapper yg menyala sambil …… AAAAAA…. ini yg bukin unit….. mulai dari gendong cewek bule yg cantik, gendong jamu, sepeda, beca dan truk …. jadi inspirasinya juga gak mati2, gak tidur lagi tidur lagi AAAAAAA…

  12. 19 Agus sugianto
    June 5, 2009 at 8:04 pm

    Hallo pak saya mau usaha minyak nilam.dan saya ingin memasarkannya ke international.jadi saya ingin bikin proposal bisnis kerjssama dng pihak asing.bisa Bantu saya pak contoh proposalnya? Terims kasih

  13. June 6, 2009 at 10:24 am

    mikum…

    bapak saya mau minta bantuannya untuk contoh proposal-nya
    saya mau mengajukan proposal “Perpustakaan Desa” kepada Bupati…

    mohon bantuannya ya… :>

    Ricky Pratama
    +622679108111

  14. 21 erik gunawan
    July 15, 2009 at 12:26 am

    assalamu Alaikum,
    pak, saya sudah buka usaha warnet namun karena modal yang sangat sedikit usaha saya tidak bs bersaing dengan usaha sejenis karena yang lain dengan modal besar. saya rencana mau menambah aset saya untuk itu saya minta bantuan dikirimkan contoh proposal permintaan dana kepada perusahaan2 komputer atau lembaga yang berkompeten.saya juga membuka kursus komputer untuk anak2 kurang mampu…..jadi tolong bantuannya

  15. 23 donny
    September 13, 2009 at 2:13 pm

    saya minta tolong untuk contoh proposal permohonan penyewaan lahan milik pemda
    untuk di pakai sebagai usaha PKL dan juga sebagai wadah komunitas.

    dan jga contoh proposal buat salah satu sponsor rokok untuk pendanaan dan peminjaman
    alat-alat.
    saya mohon bantuannya,

    thanks

  16. 24 aris
    September 23, 2009 at 11:57 pm

    bos saya mau buka bisnis laundry,tp temenku yg mau invest modal minta proposal untuk pertimbangan.mohon diberikan contoh proposal untuk bisnis laundry agar temen saya yakin dan mau menginvestasikan modal buat saya…(rencananya buka bisnis laundry profesional)

  17. 25 aris
    September 24, 2009 at 12:18 am

    pak saya mau buka usaha laundry profesional bukan laundry kiloan,dan teman saya sebagai investornya minta proposal sebagai bahan pertimbangannya.saya mohon kepada bapak diberikan contoh proposalnya yg lengkap mengenai laundry beserta alamat2 suplayer yang berhubungan dengan laundry untuk meyakinkan teman saya.karena yang saya kuasai hanya masalah sistem prosedur produksinya saja,kalo masalah harga2 mesin dan suplayer chemical yg dibutuhkan saya belum tahu sama sekali dimana tempat membelinya.saya mohon kepada bapak untuk dibuatkan contoh proposalnya.terima kasih…

  18. 26 ayu
    October 7, 2009 at 8:35 am

    ass.wr.wb.
    pak mohon dikirim contoh proposal bisnis untuk produksi sabun. thanks banget yah pak.
    wass.wr.wb.

  19. 27 fakru
    October 9, 2009 at 7:42 am

    pak, mohon dikirim contoh proposal untuk buka usaha bengkel sepeda motor. saya butuh mesin pompa angin (ban,) peralatan kunci-kunci untuk reparasi, serta bahan-bahan yang lain. saya rencana buka bengkel di depan rumah saya. thank’s atas bantuannya

  20. October 12, 2009 at 5:56 am

    pgi pak…tlong kirim proposal bisnis ke E-Mail saya yaw…bisnis pa ja..klo bisa usaha kecil dan menengah…tanks

  21. 29 WINDA
    October 15, 2009 at 5:29 pm

    ASs.Wr.Wb.

    pak saya seorang mahasiswi,ingin punya usaha sendiri,,,kira2 usaha apa yah pak yang cocok untuk saya?ada terlintas dipikiran saya untuk membuat usaha berjualan tas laptop,saya kira peluang cukup besar,saya bisa jualan dikampus atau lewat fB..tp saya masih bingung bagaimana cara memulainya?bisa tlg buat kan contoh proposalnya yah pak?Saya tunggu yah pak^^ trimakasih banyak loh sebelumnya..

  22. 30 dian
    October 17, 2009 at 4:36 pm

    assalamu’alaikum
    pak saya minta tolong, saya mau mengajukan proposal usaha pakaian tapi saya belum tau cara membuat proposalnya, saya mohon bapak mau memberikan contoh proposalnya.

  23. 31 agung
    October 27, 2009 at 6:53 pm

    Asalamualaikum,,
    Cakham saya ada peluang usaha ekspor pasta ubi, kendala saya adalah masalah dana. Untuk mencari calon investor saya membutuhkan proposal, untuk itu mohon saya dibimbing untuk pembuatan proposalnya berikut contoh penghitungan biaya produksinya.
    Terimakasih.

    Agung

  24. 32 ade karyadi
    October 27, 2009 at 8:17 pm

    assalamualaikum…
    pak saya mau membuka usaha kedai…..tapi saya belum tau contoh proposalnya…
    saya minta bantuannya ya pak..
    terimakasih…

  25. October 29, 2009 at 12:33 pm

    saya ingin melihat sampel proposal anda untuk guna untuk memenuhi tugas perkuliahan kewirausahaan sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih salam kenal ja semoga kita tetap dalam lindungannya amin

    • 34 Mayumi Tomita
      December 4, 2009 at 3:48 pm

      Assalamualaikum,
      Pak, mahasiswi ingin membuka bisnis getah karet, kl boleh saya mw lihat sample proposal bisnisnya dunk…trima kasih.Salam kenal aj yup.

  26. 35 sujan
    November 17, 2009 at 2:17 am

    pak tolong buatkan contoh proposal usaha laundry…
    terima kasih

  27. 36 udhy pamungkas
    November 29, 2009 at 4:02 am

    thanks a lot, may god bless u & fam…

  28. November 29, 2009 at 6:52 pm

    pak saya mohon izin donlot proposal bapak

  29. December 1, 2009 at 3:44 pm

    tulung tulung……………..

  30. 39 haris nugroho
    December 7, 2009 at 5:57 am

    ass,salam kenal pak?sy mnta tlg mau bwtkan cntoh proposal d bidang pertanian khususny singkong.sy rcna mau ajukan ke teman2 sy,di bidang penepungan..dan klu bs ad sbagin contoh estimasinya…nnt bs kirim ke email sy pk? sblumnys kami ucapkan bnyak2 trims kasih, wass..

  31. December 7, 2009 at 6:33 pm

    mas….tolong aq donk….contoh kongkrit bentuk proposal bisnis. aq lagi bisnis minumasn tradisional – namanya sirup jahe. ada investor yang minta proposal tapi gak begitu ngerti mas….!
    tolong aq ya….? thx be-4!

  32. December 11, 2009 at 9:19 am

    selamat pagi pak, saya seorang mahasiswa smester ahir, saya ingin merintis usaha pengadaan baju/seragam/almamater. saya sudah ada chanel dengan teman lama saya di Bandung, partner yang akan saya tawari produk adalah Universitas-universitas, perusahaan, juga organisasi lainya terkait pembuatan seragam. kala boleh saya minta kirim contoh proposal yang jitu buat menarik pelangan ya pak…..,sekalian tips-tips bisnisnya juga.

  33. December 11, 2009 at 9:22 am

    selamat pagi pak, saya seorang mahasiswa smester ahir, saya ingin merintis usaha pengadaan baju/seragam/almamater. saya sudah ada chanel untuk pengadaan barang/produk,dengan teman lama saya di Bandung, partner yang akan saya tawari produk adalah Universitas-universitas, perusahaan, juga organisasi lainya terkait pembuatan seragam. kalau boleh saya minta kirim contoh proposal yang jitu buat menarik pelangan ya pak…..,sekalian tips-tips bisnisnya juga.

  34. 43 Nurliadi
    December 12, 2009 at 11:33 am

    Sya ingin contoh proposalnya pak atau ibu…
    karena saya ingin mengembagkan kursus saya …
    kalau bisa saya minta no. HP ibu atau Bapak jadi saya bisa berkomunikasi langsung

  35. 44 deri afhan
    December 15, 2009 at 11:51 am

    pak gimana cara buat proposal pertenakan sapi.thanks

  36. 45 Agus Susanto
    December 19, 2009 at 11:30 pm

    Pak, tolong buatkan proposal bisnis tentang tas laptop dan ditekankan pada perhitungan budgetting dan proposal bisnis dikirim ke imadori_shirayuki@yahoo.com
    thank’s

  37. 46 didit
    December 29, 2009 at 12:07 pm

    pak..
    saya tolong kasih tahu saya bagaimana cara atau kalo bapak punya tentang proposal usaha jasa seperti laundry kiloan..rencanany bgtu lulus kuliah nanti saya mau membuka usaha sendiri..

  38. 47 irna
    January 8, 2010 at 5:59 pm

    assalamualaikum..

    pak saya baru lulus sekolah dan sangat ingin membuka taman bacaan. untuk mengajukan usaha ini saya butuh proposal. untuk itu saya mohon bantuan sama bapak untuk memberi contoh proposalnya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Dan apakah ada lembaga permodalan yang memberi pinjaman kepada yang baru lulus seklah???

  39. January 10, 2010 at 7:20 pm

    salam sejahtera buat kita semua,saya ingin membuka usaha peternakan sehingga saya minta bantuan, bapak tolong buatkan saya proposal peternakan sapi potong yang di tujuhkan kepada kamenterian koperasi dan ukm. saya minta tolong yang sebesar- besarnya kepada sudara agar dapat membuat dalam bentuk microsoftword. demikian tuhan memberkati kita yang membantu…..jayapura 10 jan 2010 god blees you

  40. January 10, 2010 at 7:23 pm

    ni nomor hp ku 085254901356…..jika ingin hub silahkan saja.,.,…,………………serui yang keras

  41. January 13, 2010 at 8:40 pm

    ass,,
    pa saya da tugas bikin usaha kecil..
    gmn cara mulai_nya?
    baik_nya usaha apa ya???

  42. 52 ria nurswida
    January 13, 2010 at 10:56 pm

    ass….

    mhn bantuannya bagaimana caranya menyusun proposal usaha laundry. saya ingin usaha laundry tapi pengen mengajak share kepada pemodal maupun pemilik lokasi usaha ( jadi mitra )

    mohon dibantu…. terima kasih

    wass…

    ria n

  43. 53 nita
    January 15, 2010 at 12:39 pm

    ass. mhon bantuanya bgaimana cara pembuatan proposal kegiatan usaha penjualan sapi, serta bgaimna pembuatan konsep usaha serta analisis keuangan dan rencana pengembangannya…..
    mohon di bantu ya,, terimakasih sebelumnya…

  44. 54 Yundra
    January 18, 2010 at 5:04 pm

    assalamualaikum…
    Pak saya mau buka usaha jagungbakar dikawasan wisata tp pengembang minta proposal dlm 2hari ini.
    Jd saya mau minta tolong utk dibuatkan proposalnya.
    Kl bs contohnya kirim ke 081310624421
    terimakasih pak.

  45. 55 Yundra
    January 18, 2010 at 5:10 pm

    assalamualaikum…
    Pak saya mau buka usaha jagungbakar dikawasan wisata tp pengembang minta proposal dlm 2hari ini.
    Jd saya mau minta tolong utk dibuatkan proposalnya.
    Kl bs contohnya kirim ke 081310624421
    terimakasih pak..

  46. 56 Yundra ismardi
    January 18, 2010 at 7:50 pm

    Asslm..
    Pak saya mau buka usaha jagung bakar dikawasan wisata,pengembang minta proposal. buatkan saya proposal usulan itu ya pak thank..
    iyundra@yahoo.com

  47. 57 Rosi
    January 22, 2010 at 12:34 pm

    pa saya rencana buka usaha makanan berupa cireng di food market berupa stall dan bukan berupa counter..tolong diberikan petunjuk pembuatan proposalnya ya pa..terimakasih..

  48. 58 Faisal
    January 27, 2010 at 11:41 am

    pak, minta draft proposal usaha pendirian bpr,,dan contoh hitung2annya pak..

  49. 59 andri
    January 27, 2010 at 9:53 pm

    ass pak.saya sekarang membuka usaha fashion yg lumayan dikenal.rencananya sekarang saya ingin mengembangkan usaha yg sama tapi terkendala akan proposal yg akan dibuat.mohon kiranya anda sudi untuk memberikan contoh proposal dgn estimasi biaya 200 juta.mohon anda mengirimkan nya ke email saya andriyadhi@yahoo.co.id sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  50. 60 M.RIFAI
    January 29, 2010 at 6:54 am

    assalamualikum????pa’ saya M.RIFAI MAHASISWA stain pekalongan JURUSAN TARBIYAH S1…..begini pa’ setlah saya keluar dr PT COLUMBIA,yg bergerag di bidang penjualan barang ELEKTRONIK,FURNITURE baik cas & kresaya sudah mulai tumbuh jiwa ENTERPRENER…tp saya tdk menguasai dalam bidang ke ADMINISTRASIAN terutama dalam bidang pembuatan PROPOSAL….jdi saya minta tolong di buatkan keranka2 PROPOSAL saja . . . .trima kasih.

  51. January 29, 2010 at 4:30 pm

    saya akan buka bisnis trading dari belawan ke Papua
    bisa bantu buatkan proposalnya ?

    wslm

  52. 62 nita
    January 30, 2010 at 10:13 pm

    Pak, saya berencana membuat usaha calender untuk di kantor kantor, mohon bantuan dalam pembuatan proposalnya ya pak. terima kasih…

  53. 63 shinta
    February 2, 2010 at 1:22 pm

    Pak, mohon bantuannya utk memberikan contoh proposal penawaran kerja sama bisnis showroom mobil. Terima kasih sebelumnya..

  54. 64 alan kurniawan
    February 11, 2010 at 2:46 pm

    pak tolong kirimin contoh proposal usaha kue, keripik, dan distro

    sebelumnya terima kasih

  55. 65 aam
    February 23, 2010 at 8:13 pm

    bang minta contoh proposal untuk pinjaman dana ke bank dong. saya mau usaha warnet nie, thanks ya bang sebelumnya.

  56. 66 dewi kartika
    February 26, 2010 at 3:06 pm

    pak tolong buatkan contoh proposal membuka lahan seluas 2 ha. di mana tujuan na untuk menarik investor. tolong dunkz pak soal na saya dapat tugas dari dosen saya sementara kami g ada di kasih tahu contoh na. tolong ya pak…………..
    please………….

  57. 68 egy
    March 9, 2010 at 8:11 am

    pak mta tolong bantu saya untuk membuat proposal tentang pengajuan makanan di kampus.. saya blm pernah membuat proposal ini?? tolong yah

  58. 69 reezkey
    April 1, 2010 at 1:24 pm

    contoh macam2 bentuk usaha bisnis dari Bank Indonesia :

    http://www.bi.go.id/web/id/DIBI/Info_Pengusaha/Kalkulasi_Biaya/Industri/

  59. 70 rudi seher
    April 6, 2010 at 10:27 pm

    assalamalaikum’wr’wb,,,,,,,,,,,,
    sy ucapkan dengan rasa sukur kepada Allah swt,
    mohon bantuan bpk untuk memberikan salah satu contoh binis plan
    dlm ruang lingkup BPW (biro perjalanan wisata/ travel agant)

    triama kasih sebelumnya………….

  60. April 9, 2010 at 12:37 pm

    Thanks Mas… Kebetulan mau ikut lomba nih… :D

  61. 72 yosep
    April 22, 2010 at 9:11 am

    pak, boleh minta contoh proposal bisnis yang umum (saya sih lagi nyari untuk IT) ?
    boleh juga dikasih tau format dan tipsnya..

    email ku: invincible_y@yahoo.com

    trima kasih

  62. 73 dobi
    April 27, 2010 at 5:07 am

    pak.. saya minta tolong donk bantu saya buat proposal mengenai tas.. saya mau buka usaha tas.. tq pak.. tolong d kirim ke email saya ya pak.. makasi..

  63. 74 end
    May 1, 2010 at 7:53 pm

    pak tolong contohkan proposal bisnis yang maju saat ini..
    untuk tugas kuliah saya..
    mksih y,,sblumny!!!!

  64. 75 end
    May 1, 2010 at 7:55 pm

    pak tolong contohkn proposal bisnis yang maju saat ini..
    untuk tugas kuliah sy!!
    mksih

  65. May 5, 2010 at 3:21 pm

    Boleh juga ,,,saya akan download jika sesuai kriteria buat tugas sekolah, salam!

  66. May 5, 2010 at 3:27 pm

    bagaimana contoh proposal dalam mengikuti tender pengadaan pakaian(walikota denpasar_bali)
    nanti bisa ga kirim proposalnya ke email saya…mohon bantuannya!!!!

  67. 78 Ferdy
    May 14, 2010 at 8:49 am

    Selamat pagi pak, mohon bantuannya untuk kirimin contoh proposalnya, saya mau coba usaha pancingan ikan di mall untuk mainan anak-anak, thanks

  68. 79 santonio
    May 21, 2010 at 12:06 am

    pak tolong buat/kirimkan saya proposal untuk buka usaha refleksi yang mau saya tujukan kepara pembisnis dan pemilik gedung, tolong pak ya?? trima kasih.

  69. 80 syifa
    May 22, 2010 at 9:30 am

    maav pakk,,
    saya mahasiswi mau membuka usaha jual semacam cake pasta
    bisa minta tlg kirimkan contoh proposal bisnis nya pak?
    trimakasiii

  70. May 22, 2010 at 3:16 pm

    terimiasih atas informasinya

  71. 82 imelda
    May 24, 2010 at 7:55 pm

    pak,sebelumnya saya ucapkan terima kasih,tolong kirimkan saya contoh proposal sewa tempat usaha buat jualan mie, terima kasih ya pak.

  72. 83 cuny
    June 10, 2010 at 7:11 pm

    pak saya maha siswi ingin menbuka bisnis bakso tolong kirimin contoh proposalnya
    trimz…

  73. June 12, 2010 at 9:18 am

    Assalamu’alaikum wr wb..
    Pak, saya mohon bantuannya untuk proposal pendirian usaha kursus komputer…Saya sangat kesulitan dalam pembuatannya…Mohon masukan dan sarannya…Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

  74. 85 bunga aisyah
    June 14, 2010 at 1:12 pm

    salam.
    pak,sebelumnya saya ucapkan terimakasih dengan adanya web ini.
    saya bisa mendapat dan berbagi informasi dengan banyak orang.
    saya mahasiswa semester 3, ingin membuka tempat usaha terkait dengan pameran bidang kebudayaan indonesia.
    bisa tolong kirimkan contoh proposalnya pak?
    terimakasih.

  75. 86 nancy meliany
    June 14, 2010 at 6:50 pm

    Pak,saya mau minta tolong dibuatkan proposal untuk sewa ruangan karena rencananya saya mau buka kantin yg menjual masakan khas sunda dan masakan manado halal…….kalau bisa secepatnya bisa saya terima contoh proposalnya karena besok proposalnya hrs sudah saya serahkan kepada yang bersangkutan……..

  76. June 16, 2010 at 10:33 am

    assalamualaikum ww.wb
    cak ham tolong buatkan proposal menjadi agen travel ….? aku butuh banget untuk mengembangkan usaha yang sudah lama aku jalani..
    terima kasih….

  77. 88 tuah asmir
    July 1, 2010 at 2:07 am

    ??? mohon minta tolong lah teman?? yang ingin membantu saya buat proposal bisnis….saya ga tau mau buat bisnis apa?? sementara kata dosen aku……bisnis yang layak untuk dipasarkan

  78. 89 Hajrawati
    July 6, 2010 at 7:06 pm

    selamat malem pak,
    minta tolong bantuannya contoh proposal travel pesawat. saya dapt tugas kuliah

    terima kasih ya sebelum nya. mohon bantuannya

  79. 90 erham
    August 3, 2010 at 10:43 am

    pak tolong kirimin contoh proposal bisnis betunk usaha wisata

  80. 91 Hansen
    August 29, 2010 at 3:56 am

    pak, sy jg minta sekalian contoh proposal bisnis laundryny yg diminta sama de rEZA d atas y…^_^

  81. 92 Rahmad Hidayat
    September 17, 2010 at 7:26 pm

    Selamat malam Pak,
    Mohon bantuannya dan petunjuk serta contoh pproposal, dimana saya akan mengjukan proposal kerjasama dengan rekan bisnis saya masalah rental Dump Truk dan Alat-alat berat dimana lokasi kantor saya ada di Kalimantan dan rekan saya ada di Surabaya jadi mereka minta proposal pengajuan kerjasama tersebut,atas bantuannya terima kasih

  82. 93 David
    September 30, 2010 at 2:37 pm

    sore pak…
    saya minta dikirimkan contoh proposal buat bikin rental komputer dan jasa print pak….. tolong ya pak…

  83. 94 bagus hartawan
    October 8, 2010 at 11:09 am

    pak salam kenal bisa memberikan contoh tentang proposal konsultasi.terima kasih

  84. October 29, 2010 at 7:10 pm

    terimakasih untuk artikelnya

  85. 96 aneeta
    November 2, 2010 at 4:35 pm

    pak,, saya mw minta tolong kirimkan contoh proposal permohonan tempat untuk tempat fitness.. segera ya pak.. terima kasih

  86. 97 Teuku Marzuki
    November 18, 2010 at 11:50 am

    mohon bantuanya, saya mau buka usaha warnet tapi modal saya kurang tolong dibantu cara membuat proposal ke teman saya, tentang proposal membuaka warnet untuk mendapat modal dari teman saya.

  87. 98 I Made Budiantara
    November 23, 2010 at 10:17 am

    tolong dong gmana caranya bikin proposal utk membuka bisnis PPOB (payment point online bank) ? trims

  88. 100 Ifrozin
    December 3, 2010 at 5:35 pm

    pak,, saya mohon bantuannya,,, buatkan saya proposal di bidang pertanian,,, segera ya pak,, terima kasih,,,

  89. 101 amsal
    December 8, 2010 at 11:28 pm

    klu mo cari proposal cari artikel dalam bahasa inggris aja,,,banyak kok! klu dalam bahasa indonesia lebih baik ga usah deh,,,orang indonesia itu kebanyakan pelit2 makanya indonesia susah maju, ilmunya dibawa sampai alam kubur. orang indo merasa rugi klu kepintarannya dipake orang lain,apalagi klu orang lain itu sukses,,, waalaahhh ga mungkin bangat dehhhh,,,,

  90. 102 crist
    December 21, 2010 at 10:52 pm

    Pak, saya minta tolong kirim proposal usaha laudry dan spa. thank

  91. 103 ditz tonn nyoo
    January 4, 2011 at 9:07 am

    pak….
    minta tolong, .
    contoh2 proposal sablon pak.,.,.,

    thankzz…

  92. January 4, 2011 at 11:31 pm

    Pak saya mahasiswa informatika semester 5,
    Tapi saya ingiin jadi pengusaha,,
    Langsung aja saya ingin membuat clothing atau distro baju” unik, saya ingin proposal pendiriannya, dan juga proposal kerjasama dalam pembuatan bisnis itu dengan pihak bisnis lain dan untuk kerjasama dengan perusahaan asing

  93. January 5, 2011 at 9:30 pm

    Terimaksai ats informasinya

  94. 106 jusmi
    January 8, 2011 at 11:35 am

    Assalam, pak symnta tlong dibuatkan/dikirmkan ttg proposal usaha penyewaan buku sekaligus penjualan buku…
    saya ingin mengembangkannya di desa sya…

  95. 107 Anggit musonif Ardiansyah
    January 10, 2011 at 5:43 pm

    Assalamualakum pak tolong kirimkan contoh proposal permohonan modal mesin jahit dan surat permohonan dananya skalian

  96. 108 tiodor evelina
    January 26, 2011 at 8:45 pm

    pak boleh di emailkan contoh proposal penawaran tempat usaha untuk keb.perbankan kah ? sebelum dan sesudahnya matur nuwun pak.

  97. 109 Wahid
    February 11, 2011 at 10:02 am

    Saya ingin membuka toko perhiasan.
    Mohon diberikan contoh pembuatan proposal bisnis nya Pak.

    Terima kasih atas bantuannya.

  98. 110 imam ali
    February 13, 2011 at 4:46 pm

    asslkum salam kenal pak smoga bapak sehat slalu amiin
    maaf pak saya seorang pelajar sya mmbutuhkan sebuah prosal usaha terserah bpk mau kirim usaha apa yg pntng sebuah usaha ,sebelu nya sya ucapkn trims yg sebesar2 nya pak…..
    wasslkum….

  99. 111 tatik
    March 10, 2011 at 11:33 am

    assalamualaikum, slam kenal pak…
    pak, tolong diberikan contoh proposal bisnis penjualan komputer untuk melakukan kerjasama ke perusahaan.
    saya bingung harus membuatnya bagaimana,

  100. 112 Rio Farizki
    March 25, 2011 at 11:33 pm

    saya minta izin untuk menggunakan proposal bapak sebagai bahan tugas saya
    maka dari itu saya mohon maaf karena sebelumnya tidak mencantumkan nama bapak pada tugas saya
    atas pengertiannya,terimakasih
    wassalamu’alaikum

  101. March 28, 2011 at 7:18 pm

    pak help me, saya butuh gmana cara membuat proposal yang benar, tolong bapak berikan contoh ya,,,,,, supaya kita gampang membuatnya,,,traamkasih atas bantuanya,bapak?

  102. 115 feriska
    April 12, 2011 at 9:24 am

    Assalamu’alaikum pak, saya feriska mau minta tolong kirimin email contoh proposal kerjasama dengan rumah sakit, saya mau minta ijin mau buat counter usaha saya di sana. trims. . .

  103. April 21, 2011 at 3:56 am

    bibit gaharu Aquilaria Malaccensis, Aquilaria Microcarpa asli kalimantan
    Jual bibit gaharuh dari indukan yg sudah berumur 50 thun siap antar seluruh Indonesia tinggi 20 sampai 50 cm harga 2000 / bibit stok kami saat ini ada 700 rb dan anakan tinggi 5 sampai 15 cm harga 1200 / bibit

    http://www.n4gn.net modal gratis hasilkan puluhan juta

  104. 117 ochie
    April 26, 2011 at 11:28 am

    pk mw minta tlong contoh untuk membuat proposal usaha baru dunk…
    sbgai bahan makalah dalam mata kuliah menegemen.. mksh

  105. May 2, 2011 at 1:50 pm

    saya mohon bantuan pak gimana buat proposal bisnis dengan ketentuan”mendapat pijaman uang dari bank sejumlah 50juta dengan bunga 1,8%/tahun pelunasan slama dua tahun ?

  106. 119 Lidia
    May 14, 2011 at 3:32 pm

    Selamat sore,saya membuka usaha dibidang trucking yaitu pengangkutan batubara. Tapi saya kekurangan modal,tolong bantu dibuatkan contoh proposal yang baik. Terima kasih

  107. 120 milly
    May 20, 2011 at 8:46 pm

    pak mintol dong contoh proposal untuk buka bisnis minuman kami mau buat seperti franchise jadinya contohnya seperti tong-tji.. tolong ya pak klo bisa langsung dkirim d email saya scepatnya soalnya saya masi bingung. makasi.

  108. 121 dicky lubis
    May 31, 2011 at 5:15 pm

    Assalamualaikum.
    Maaf pak mohon sekiranya saya diberi contoh bentuk proposal usaha untuk minta bantuan modal kepada saudara, namun saudara minta proposalnya, rencananya saya akan buka toko aneka / semi sembako dan juga toko makanan kecil/snack.
    apa yang harus dicantumkan dan bagaimana bentuknya karena ini baru pertama buat saya, apa saja yang harus dicantumkan.

    termakash. wassalam
    dicky lubis

  109. 122 rama
    June 3, 2011 at 6:36 pm

    tolong minta contoh proposal pengajuan tender ya pak..kalau bisa sih di bidang sipil dan listrik. makasih

  110. 123 satrio
    July 19, 2011 at 11:51 am

    assalamualakum cakham, saya satrio mohon bantuannya untuk dapat contoh draft proposal kerjasama showroom mobil…
    terimakasih atas bantuannya
    wassalamualaikum wr.wb

  111. September 8, 2011 at 5:49 pm

    Makasih Banyak,,

    Lagi ada tugas bikin proposal bisnis, semoga bisa menjadi COntoh :)

  112. October 8, 2011 at 2:12 pm

    saya virgin, bisa minta tolong ngga kirimin contoh proposal lengkap jenis usaha ice bubble gitu please yaaaa big wishes .. terima kasih :)

  113. October 11, 2011 at 11:22 am

    link download proposal bisnisnya dimana mas

  114. October 11, 2011 at 5:54 pm

    salam kenal bapak/ ibu …kami dari sebuah suplier produk2 elektrikal mohon dengan sangat di buatka proposal pengajuan investasi untuk sebuah mesin bending/mesin tekuk plate untuk membuat tiang pju,….dan nilai investasinya kurang lebih sebesar 2,5 m…mhn di email ke adiat24@yahoo.com / adhi.sucahyo@gmail.com…..wassalam

  115. 128 Bush
    October 18, 2011 at 7:48 pm

    Salam kenal. Semoga kita dalam bimbingan & lindungan Allah SWT. Sekiranya berkenan, kami bersama teman2 ingin membuat proposal kerja sama dengan pihak2 showroom penjualan mobil bekas dan kepada siapa saja yang menginginkan menjual mobil. Di karenakan kami mempunyai lahan yang memungkinkan. Jadi kami mohon bila berkenan Bpk. Moh Hamdani memberikan contoh2 Proposal Bursa Mobil. Sebagaimana kami menyediakan tempat mobil2 yg akan dijual, tenda2 tempat transaksi, melakukan promosi ke koran2, spanduk di lahan kami. Segala bentuk transaksi dilakukan oleh si pemilik kendaraan. Jadi kami mendapatkan komisi & jasa pemakaian fasilitas kami. Terima kasih, kami mengharapkan balas Bpk Moh Hamdan pd email : tunggul_arso@ymail.com

  116. 129 vinny
    October 22, 2011 at 11:28 pm

    kirimin dong contoh proposal bisnis apa aja beserta penerbitnya dan daftar pustaka
    tugas kmpus soalnya

  117. 130 tengku erick
    November 8, 2011 at 4:28 pm

    ass.wr.wb.
    pak,saya erick mau buka usaha pembutan tas.saya minta tolong untuk proposal nya ya
    tolong kirim k email saya: erick:kz2004@yahoo.com
    terima kasih sebelumnya.

  118. November 13, 2011 at 10:10 pm

    salam kenal,perkenalkan nama saya agus.
    saya ingin buka usaha penitipan helm dan barang di mall.tapi saya bingung,proposal ya tuh seperti bagaimana.
    untuk tempatnya sendiri berada di parkir sepeda motor.

    mohon bantuanya,
    email saya dharmawan,agus@yahoo.co.id

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  119. November 13, 2011 at 10:11 pm

    salam kenal,perkenalkan nama saya agus.
    saya ingin buka usaha penitipan helm dan barang di mall.tapi saya bingung,proposal ya tuh seperti bagaimana.
    untuk tempatnya sendiri berada di parkir sepeda motor.

    mohon bantuanya,
    email saya dharmawan.agus@yahoo.co.id

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  120. 133 Mega
    November 20, 2011 at 12:15 pm

    pa , saya smster satu bisa kirimka proposal usaha tntang makanan kripik singkong , trmakasi :))

  121. 134 Dewanto Hadibroto
    November 21, 2011 at 5:15 pm

    Assalamualaikum

    Salam kenal. Mohon kiranya saya dapat dibimbing untuk membuat proposal untuk sewa gudang yg akan digunakan untuk gudang suku cadang kendaraan bermotor. terima kasih.

    wassalamualaikum
    Dewanto

  122. 135 herina
    December 20, 2011 at 3:09 pm

    salam pak saya ingin belajar membuat proposal yg baik mohon bantuannya donk pak untuk membuat contoh proposal bisnis usaha produk ap ajj
    email kan ke alamat ini ya pak herina.puspita@gmail.com
    mohon bantuannya pak makasih

  123. 136 yusmi
    December 23, 2011 at 4:02 pm

    assalmualaikaum
    pak ni yusmi dari medan
    boleh kan pak minta bantuannya tolong kirimkan contoh proposal usaha kripik ubib / pisang
    soalnya ana mau buat tugas dari kampus

    tolong ya pak
    ana tunggu jawabannya

  124. 137 milla
    December 29, 2011 at 10:05 am

    assalamualaikum..
    bapak, saya ada tugas membuat proposal bisnis kripik pisang. boleh minta tolong bagaimana contoh proposalnya itu pak? terimakasih

  125. January 8, 2012 at 6:06 am

    pak tolong kirim proposal usaha aksesoris ya… mks

  126. January 12, 2012 at 11:59 am

    Assalamualaikum ww…
    paak…saya juga mau dong dibikinin contoh proposal peminjaman tempat untuk kelas beladiri dengan sistem bagi hasil…wassalam…

  127. 140 yovan
    January 20, 2012 at 1:50 am

    pa ada contoh proposal pengajuan alat bengkel otomotif untuk smk
    terima kasih

  128. 141 muhidin
    January 24, 2012 at 4:51 pm

    assalamualaikum…wr.wb
    pa mohon bantuanya, saya mhasiswa dr kuningan punya rencana usaha mendaur ulang sampah organik/non organik menjadi biji pelastik dan juga memberdayakan masyarakat di sekitarnya mohon minta contoh proposalnya pa,,,,,

  129. 142 yasdhi
    February 5, 2012 at 10:28 am

    salam kenal pak…..saya mau bikin perusahaan dalam bidang jasa transportasi dump truck buat tambang….saya lagi mau kerja sama dengan investor buat permodalan dump truck…….minta contoh proposal kerjasama dengan investor buat dum truck pak…..terima kasih…mohon email ke trans_yasdhi@yahoo.co.id

  130. 143 aziz
    February 16, 2012 at 12:06 am

    ass. bp saya minta bantuanya uk pembuatan proposal yang ditujukan ke bp gubernur prihal ,bantuan alat ketrampilan menjahit
    bahan yang digunaka serta harga naminal masing2 bahan
    makasih
    aziz421277@yahoo.co.id

  131. 144 Rifaldi
    February 29, 2012 at 6:50 am

    Aslm, Pak saya Rifaldi (Mahasiswa di Riau), bpk ada cntoh proposal bisnis..??? Bisa kirimin ke saya Pak..!!! Rifaldi_sukses@yahoo.co.id. (081276061107), saya ingin membuka usaha pak..

  132. February 29, 2012 at 10:10 am

    semoga ini bisa saya jadikan acuan untuk buat proposal

  133. 146 dedhyo
    March 13, 2012 at 5:42 pm

    pak saya mahasiswa jurusan ekonomi akntansi smester 2 saya mohon kiranya bapak mengirimkan kepada saya contoh proposal penjualan buku karna saya memerlukannya untuk program usaha yang akan coba saya jalankan

  134. March 14, 2012 at 2:18 pm

    Minta tolong dibantu untuk membuatkan proposal toko bunga
    lengkap ya

    salam
    Dista

  135. March 14, 2012 at 2:20 pm

    tolong dibuatkan proposal mendirikan toko bunga
    bisa dikirim ke email saya : distasflowers@yahoo.com

  136. 149 baharun nazir
    March 16, 2012 at 9:21 am

    selamat pagi, saya perlu pengarahan dan bantuan membuat bisnis plan, sebuah area yg sudah siap, didalamnya terdapat empang, gedung serba guna, kios sebanyak 9 buah, dan lahan yg masih cukup luas

  137. 150 dwi hwermawati
    March 21, 2012 at 4:46 am

    assalamualaikun wr.wb.
    pak tolong bkinin proposal usaha butik baju muslim, sya bngung pak. terimakasih

  138. 151 toto s
    March 29, 2012 at 6:37 am

    siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiipppppppppppppppppp

  139. 152 lina
    April 12, 2012 at 10:54 pm

    aslm,,,pk kalo proposal usaha bpw (biro perjakanan wisata)ada g’ contohnya??/

  140. 153 agn
    April 14, 2012 at 12:09 pm

    pak saya minta contoh business plan makanan cepat saji dong?
    mohon bantuannya

  141. 154 R_J
    May 6, 2012 at 4:40 pm

    thx ya mas untuk contohnya

  142. 155 agus
    May 31, 2012 at 8:27 pm

    assalamualikum..tolong bantuin membuatkan proposal usahaproperty tolong bantuannya..
    terima kasih.

  143. 156 nurul
    June 21, 2012 at 12:02 pm

    salam kenal pak, bisa bantu saya kirim contoh proposal bisnis butik atau pakaian untuk tugas? tolong bantuannya pak terima kasih

  144. 157 lhutfy caesar
    June 22, 2012 at 4:48 pm

    saya mau mengembangkan usaha saya yaitu pembibitan ikan. saya minta tolong kirimkan contoh proposal tentang proposal tender pengadaan bibit ikan ke depatermen pemerintahan. trimakasih ya sebelumnya.. tlg kirimkan ke email saya caesar5007@yahoo.com

  145. 158 nindy
    July 13, 2012 at 9:58 am

    pa tolong bantuin bikin proposal wisata donk pa,saya bekerja di wisata tour,mau bikin proposal untuk promosi nya pak,mohon bantuan nya ya pak.
    terima kasih

  146. July 15, 2012 at 8:39 am

    ass pak, saya rhyerie seorang mahasiswi, saya mempunyai tugas membuat usaha dengan modal 50 juta. tolong bantuannya cara dan langkah-langkaah membuat usaha tersebut. terima kasih wassalam… :)

  147. 160 Adi
    August 23, 2012 at 7:48 pm

    Pak, saya minta tolong contoh proposal untuk meminta bantuan mesin soya/susu kacang kedelai kpd PEMKAB. Saya mohon ya pak. Thnk’s.

  148. 161 Hafie
    September 28, 2012 at 11:03 am

    Assalamualaikum, saya dikasih waktu 3 hari ini untuk buat proposal bisnis rental mobil, mohon dibantu …. trimakasih

  149. 162 asrie chienonk
    October 7, 2012 at 9:58 pm

    askum ,,,,,,,,,,,,,,,, pak mnta bantuannya pengen bkinin proposal bisnis sepatu tar krm k alamat email sa terimakasih sblm ea

  150. October 9, 2012 at 2:16 pm

    pak kalo mau bikin proposal perizinan mendirikan stand atau MASTER PLAN bagaimana??tolong dong di share

  151. 164 Masda
    October 12, 2012 at 10:05 am

    minta tolong kirimin contoh proposal permintaan dana perusahaan ke bank…

  152. 165 widya
    November 22, 2012 at 5:56 pm

    mnta tolong buatin proposal usaha jual beli mobil.
    makasih.

  153. November 24, 2012 at 7:19 pm

    I really like it whenever people get together and share thoughts. Great site, stick with it!

  154. 167 fahri
    December 2, 2012 at 6:47 pm

    ada proposal usaha jagung bakar gk ..???

  155. 168 muhammad ilham
    December 18, 2012 at 2:17 pm

    assalamualikum. bapak saya minta bantuanya uk pembuatan proposal yang ditujukan ke bp gubernur prihal ,bantuan alat pembuatan kue kering,bahan yang digunakan serta harga nominal masing2 bahan
    makasih sebelumnya

  156. 169 chaca
    December 21, 2012 at 10:55 am

    assalam,,,,pak mnta contoh proposalny donk, saya ada tugas tapi belum bisa membuat proposal

  157. April 10, 2013 at 6:10 am

    Men’s Boots can get very stylish and comfortable ugg boots sale according to their choice and will. But if shiny isn’t your thing, that’s okay, there’s
    continually suedes, tweeds, velvets, satins, tapestries, brocades, linens, canvas, quilted fabrics, and combinations of all of those
    people factors — the report is endless. The genuine uggs are intended on genuine sheepskin.

  158. May 17, 2013 at 1:32 pm

    pak tolong donk kirimkan contoh proposal pengajuan untuk buka gerai/stand makanan kebab dan minuman untuk di mall, trims banyak…

  159. August 9, 2013 at 12:15 pm

    pak tolong kirim saya cara membuat proposal ke Pemda dan juga dinas pariwisata untuk mereka tolong support saya dengan Dana se besar 10,000.000.

  160. August 21, 2013 at 9:06 am

    Magnificent goods from you, man. I’ve take into account your stuff previous to and you’re simply too great.

    I really like what you have obtained right here,
    really like what you’re saying and the way by which you say it. You’re making
    it enjoyable and you still care for to keep it wise. I can not wait to
    read far more from you. This is really a terrific site.

    • 174 srimulyaningsih
      September 29, 2013 at 9:18 am

      pak saya ingin minta contoh pembuatan atau pengajuan proposal kepada gubernur lampung untuk meminta bantuan dana apa saja contoh proposalnya trimakasih

  161. September 11, 2013 at 4:02 pm

    pak saya mnta tolong proposal untuk buka peron gaji karyawan di bank

  162. 176 srimulyaningsih
    September 29, 2013 at 9:14 am

    pak saya ungin meminta contoh buat proposal untuk meminta bantuan dana kepada gubernur lampung untuk usaha kami yaitu usaha bengkel mobil

  163. 177 julamin
    October 3, 2013 at 4:35 pm

    Pak saya mohon bantuannya, contoh proposal untuk buka usaha kantin di instansi pemerintah/pengadilan, terima kasih atas bantuannya

  164. 178 juupiter
    November 17, 2013 at 11:14 am

    pak, sya mw buat rencana bisnis kripik singkong. tolong berikan petunjuknya ea pak
    trimakasih.

  165. January 15, 2014 at 8:52 am

    Very nice post. I just stumbled upon your blog and wished to say that I’ve really enjoyed surfing
    around your blog posts. After all I will be subscribing to
    your rss feed and I hope you write again soon!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: